Selayang Wawasan tentang Keuangan Usaha Cafe

Selayang Wawasan tentang Keuangan Usaha Cafe. Dalam management keuangan, suatu upaya ada yang disebutkan laporan aliran kas, laporan keuntungan rugi dan neraca. Termasuk dalam hal bisnis kafe. Arus Kas adalah laporan akunting yang berarti laporan dana kas perusahaan yang siap. Atau bisa pula dikatakan pendataan transaksi bisnis keuangan yang gunakan uang cash.

Keuangan Usaha Cafe

Laporan Neraca sebagai laporan akunting yang lihat keselarasan asset usaha dengan kewajiban sebagai tanggungan. Dalam neraca keuangan keuntungan rugi usaha cafe, ada sejumlah soal seperti berikut yang dikutip dari Kafe Kolong:

1. PENDAPATAN PENJUALAN

Hasil pemasukan ini dapat datang dari pemasaran produk pokok dari usaha itu atau pemasaran dari produk sambilan dapat pula diberi nama pemasaran lain. Dalam masalah ini usaha cafe, produk yang dijajakan yaitu makanan serta minuman.

See also  Apa itu Arti Baterai

Bila terjadi pemasaran kepada minuman dan makanan maka ditempatkan dalam pemasaran produk pokok. Sedang yang masuk pemasaran sambilan atau lainnya semisalnya seperti merchandise atau pemasaran meja dan bangku.

2. HARGA POKOK PENJUALAN

Harga Primer Pemasaran (HPP) ialah ongkos yang penting dikeluarkan saat sebelum produk itu dipasarkan. Contohnya pembelian minuman sachet, gula pasir, bahan baku, es cream, gelas paket plastic, dan sebagainya.

3. BIAYA OPERASIONAL

Yang terhitung di sini ialah upah pegawai, administrasi usaha (nota penjualan), cost overhead (listrik serta air), cost penyusutan, ongkos dilunasi diawal/ cost sewa bangunan, cost promo atau iklan,cost perawatan (bangunan, bangku,meja, dan interior) dan ongkos berlangganan (internet).

See also  Informasi Penjualan Oli Motor Matic Castrol Activ Matic di Denpasar

4. PERHITUNGAN BEP (BREAK EVENT POINT)

Secara umum orang menjelaskan kalau BEP atau titik impas yakni perolehan titik 0 sewaktu melakukan investasi. Hingga diinginkan sesudah titik 0 itu bisa menggapai keuntungan serta dihitung berdasar waktu bulan atau tahun.

Apabila kita ingin pertimbangkan BEP karenanya pengamatan keuntungan rugi yang bisa memastikannya. Tapi apabila ingin mengalkulasi tingkat pengembalian atas investasi kita (Return of Investment), karenanya mesti melihat studi neraca usaha.

 

Selayang Wawasan tentang Keuangan Usaha Cafe

Leave a Comment