Toyota Yaris Cross 2020 di Seva

Toyota Motor Corporation kembali meluncurkan sport utility vehicle (SUV) model terbarunya, yakni Toyota All New Yaris Cross atau Toyota Yaris Cross dan mendapat perhatian pecinta otomotif termasuk mobil hatchback.

Sebenarnya, konsep Toyota Yaris Cross sudah muncul pada Toyota Yaris Heykers di tahun 2016 dan berhenti diproduksi pada tahun 2018. Lantas seperti apa keunggulannya? Berikut spesifikasi dan fitur Toyota All New Yaris atau Toyota Yaris Cross 2020 yang diluncurkan di Jepang dan nantinya bisa didapatkan di Seva Pusat Mobil Murah..

Toyota Yaris Cross ini dibangun di atas basis Toyota Yaris terbaru yang rumornya akan segera di luncurkan 8 September 2020. Tidak hanya itu, keduanya merupakan mobil kompak atau hatchback Toyota pertama yang akan mengadopsi Toyota New Global Architecture (TNGA) platform GA-B.

Berkaca pada Toyota Corolla Cross, mobil yang sudah mengadopsi TNGA, tentu Toyota Yaris Cross akan lebih nyaman, mudah dikendarai, dan dibekali dengan fitur keamanan terkini. Sesuai dengan embel-embel cross, Toyota Yaris Cross akan mengambil desain kompak SUV.

Desain eksterior Toyota Yaris Cross benar-benar baru dan segar. Di Jepang, mobil ini ditawarkan dengan warna single tone dan dual tone dengan atap hitam, mirip seperti Toyota CH-R. Di bagian lampu utama sudah menggunakan teknologi LED, foglamp LED, grille dan bumper depan agresif, serta lampu belakang yang memanjang secara horizontal.

See also  Alergi Sering Dirasakan Oleh Bayi Dengan Lahir Secara Caesar

Untuk menanamkan kesan SUV, tidak lupa sekeliling bodi bagian bawah dari depan, fender, side skirt, dan belakang dibalut dengan material plastik berwarna hitam doff. Material seperti ini diklaim lebih tahan terhadap gesekan dan lecet.

Di bagian kaki-kaki, untuk varian tertinggi ditopang oleh pelek berkelir dual tone kombinasi hitam dan silver dengan ukuran lingkar 18 inci.

Selain kenyamanan, total desain interior Toyota Yaris Cross benar-benar baru. Dalam foto yang dilampirkan Toyota Global, warna hitam dan cokelat menjadi perpaduan dominan dalam Toyota Yaris Cross.

Terlihat dari dashboard yang kini disematkan head unit audio layar sentuh dan pengaturan AC digital, door trim, serta jok dengan kombinasi bahan kulit dan fabric.

Lingkar kemudi dibalut kulit dengan audio steering switch dan pengaturan instrumen panel memiliki desain baru.

See also  Donasi BCA Untuk UNICEF Indonesia

Pada bagian atas intrumen panel bertengger Head Up Display yang akan menampilkan informasi berkendara pada pengemudi. Rem parkinya juga sudah elektris.

Jok baris kedua sudah dilengkapi dengan ISOFIX yang bisa dilipat dengan konfigurasi 40:20:40 untuk menambah ruang bagasi.

Kapasitas bagasinya 390 liter yang diklaim menjadi yang terbesar di antara kompak SUV. Dengan kapasitas bagasi terebut dapat memuat dua koper besar atau dua tas golf.

Mesin dan penggerak

Terdapat dua jenis mesin Toyota Yaris Cross di Jepang, yaitu bensin dan hybrid.

Mesin bensinnya berkode M15A-FKS berkapasitas 1.500 cc Dynamic Force Engine bertenaga 120 ps dan torsi 145 Nm dengan transmisi direct shift CVT.

Sementara untuk mesin hybrid menggunakan kapasitas 1.500 cc tiga silinder Dynamic Force Engine dengan teknologi Toyota Hybrid System II serta dikombinasikan dengan transmisi e-CVT.

Mesin ini menghasilkan tenaga 91 ps dan torsi 120 Nm. Sedangkan untuk motor listriknya menghasilkan tenaga 80 ps dan torsi 141 Nm di depan dan 5,3 ps dan torsi 5,3 Nm di belakang.

Lalu, ada dua varian penggerak pada Toyota Yaris Cross baik mesin bensin dan hybrid, 2WD (penggerak roda depan) dan 4WD (penggerak empat roda).

See also  Cyber University dan Teknologi Ramah Lingkungan

Diklaim juga, Toyota Yaris Cross Hybrid akan menjadi kompak SUV hybrid pertama dengan penggerak empat roda yang dapat diatur secara elektris sesuai medan jalan yang dilaluinya.

Fitur keamanan

Soal keamanan, fitur Toyota Yaris Cross pun tidak ketinggalan dijejali dengan teknologi terkini.

Selain ISOFIX serta sabuk pengaman tiga titik untuk pengemudi dan seluruh penumpang ada juga airbag, Blind Spot Monitor, Secondary Collision Brake, dan S-VSC with lateral wind control.

Tidak hanya itu, ada juga Toyota Safety Sense yang meliputi Pre-collision Safety System, Low Speed Acceleration Control, The Emergency Steering Assist, Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist (LTA), Adaptive High-beam System (AHS), dan Road Sign Assist (RSA).

Fitur keamanan Toyota Yaris Cross tersebut akan berbeda pada tiap variannya.

Harga Toyota Yaris Cross

Harga Toyota Yaris Cross di Jepang berkisar antara 1.798.000 yen untuk varian terendah hingga 2.815.000 yen untuk varian tertinggi. Belum ada informasi di Seva Pusat Mobil Murah. Ditunggu saja.

Leave a Comment